Rabu, 27 Februari 2013

CARA MENDAPATKAN KONEKSI INTERNET

  1. Dial UP
    Dial Up yaitu koneksi yang menggunakan line telpon, sebutnya saja Telkomnet Instan. Tapi penggunaan Dial UP khususnya Telkomnet Instan sudah jarang ditemukan sekarang ini. Karena kecepatannya yang tidak telalu maksimal dan perlalatannya yang harus terhubung dengan telepon rumah. Dial Up sama saja men-dial (memanggil) tetapi yang digunakan memanggil adalah komputer, sehingga apabila terjadi sambungan antara komputer dan penyedia dial-up dalam hal ini telkom, maka internet pun bisa terjangkau.
  2. MODEM ADSL,
    Modem adsl atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL. Seperti jenis modem lainnya, modem ADSL merupakan transceiver. Disebut juga dengan DSL Transceiver atau ATU-R. Singkata NTBBA (Network Termination Broad Band Adapter, Network Termination Broad Band Acces) juga sering ditemui di beberapa negara.
    Beberapa modem ADSL juga mengelola dan membagi sambungan dari layanan ADSL dengan beberapa komputer. Dalam hal ini, modem ADSL berfungsi sebagai DSL router atau residential gateway. Blok di dalam DSL router ada yang bertugas dalam proses framing, sementara blok lainnya melakukan Asynchronous Transfer Mode Segmentation and Reassembly, IEEE 802.1D bridging dan atau IP routing. Antarmuka yang umum ditemui pada ADSL modem adalah Ethernet dan USB. Meskipun modem ADSL bekerja dalam modus bridge dan tidak membutuhkan IP address publik, modem ADSL tetap disertai IP address untuk fungsi managemen seperti alamat IP 192.168.1.1.
  3. Modem GSM

    semakin canggihnya teknologi, kini kita bisa terkoneksi ke internet menggunakan Modem GSM dimana modem ini layaknya HP (handphone) yang dibuat lebih praktis dengan teknologi USB sehingga untuk menghubungannya ke komputer tidak perlu lagi peralatan khusus (langsung di pasang di colokan USB). Bentuknya yang menyerupai flashdisk, sehingga lebih ringkas di bawa kemana-mana. Kecepatan akses internet tergantung pada provider atau kartu yang digunakan. Umumnya modem GSM mendukung kecepatan tinggi yaitu sekitar 3.6MBPS sampai 7MBPS
  4. Modem HP,
    HP yang mendukung teknologi GPRS juga bisa digunakan media untuk bisa terhubung ke internet. Prinsip kerja hampir sama dengan MODEM GSM, hanya pada HP diperlukan lagi alat tambahan yaitu alat untuk menghubungkan HP dengan komputer contohnya menggunakan koneksi Bluetooth atau Kabel Data. Sambungan ini sangat penting, karena akan berpengaruh pada kecepatan akses internet. Jika menggunakan bluetooth kecepatan maksimal yang bisa ditanggung oleh HP adalah 115KBPS sedangkan Kabel data bisa mencapai 460KBPS.
  5. Melalui Jaringan LAN.
    Perangkat yang diperlukan adalah LAN Card (kartu jaringan) untuk bisa menghubungkan komputer ke jaringan lokal yang memiliki koneksi internet. Dengan begitu komputer akan bisa mengakses internet.
  6. Melalui Hotspot.
    Hotspot menggunakan tekonologi canggih yaitu wireless. Peralatan yang mesti ada untuk bisa terhubung dengan jaringan Hotspot adalah wifi. Umumnya laptop sekarang sudah dilengkapi dengan fasilitas ini. Untuk coverage sendiri, umumnya ada di pusat toko elektronik, mall-mall, atau lapangan terbuka.
  7. Melalui Parabola Di rumah.
    Parabola yang umumnya dipergunakan untuk menonton siaran TV seperti RCTI, Indosiar, ternyata bisa digunakan untuk akses internet dengan menggunakan DVB Card yang harus dipasang pada komputer.
  8. VSAT.
    VSAT adalah akses internet cepat dengan pemanfaatan satelit.Peralatan yang harus disiapkan berupa antena GRID sebagai antena receiver maupun pelempar dari provider penyedia internet. Sekarang ini banyak perusahaan yang menyediakan internet via satelit karena jangkauannya yang begitu luas, hingga ke pelosok desa. biaya langganan juga sangat bervariasi dari 1jt-10juta perbulannya.
  9. RT RW Net.
    Jenis internet via RT RW net sekarang ini sangat pesat perkembangannya di kota. bahkan banyak yang jadikan sebagai lahan bisnis. Teknologi yang digunakan hampir sama dengan jaringan Hostpot yaitu penggunakan wireless sebagai media penyebaran sinyal internet. Hanya pada setiap titik yang sudah lemah, didirikan kembali penguat sinyal atau antena receiver di buat lebih tinggi agar bisa menangkap sinyal hotspot dari jarak jauh. Sehingga jaringan bisa menjangkau se RT ataupun se-RW, jadi dinamakan dengan RT-RW Net.
sumber: http://edu.kekerr.com/2012/10/cara-cara-mendapatkan-koneksi-internet.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Rafiqa Fadhila